adf.ly

Jumat, 25 Maret 2011

MAKALAH SEJARAH KOMPUTER

SEJARAH KOMPUTER

Generasi Pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputerkomputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
 Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
 Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
WINDOWS

Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi
komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November
1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
Sejarah windows dimulai Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terahkir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).
Sudah dirilis

Versi yang akan datang





PERANGKAT DALAM KOMPUTER

1. Hardware
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
2. Software
Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).
Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.
3. Brainware
Brainware adalah otak dari komputer tersebut. Dalam komputer di sebut dengan processor. Processor terdiri dari: intel, idm, ibm, dll.
Sistem dan Organisasi Komputer
Sistem Komputer terdiri atas empat Komponen dasar :
    


  1. Keyboard (papan ketik)
  2. Mouse
  3. CD-ROM (compact disk-read only memory)
  4. Joystik
  5. Digitizer
  6. Media magnetik : disket, harddisk, kartu ATM, dll
  7. Media Optik / Scanner
  8. Modem (MOdulator-DEModulator)
  9. Kamera digital




2. Peralatan Output



  1. Monitor : Monocrome, CGA (color graphic adapter), EGA (Enhanched graphic adapter), VGA (Video graphic adapter), SVGA (Super VGA)
  2. Printer : Dot matrik (9 pin dan 24 pin), Deskjet / Inkjet, Laserjet.


3. Media Penyimpan (Storage Media)

  1. Disket : Media penyimpan yang terbuat dari plastik yang dilapisi bahan-bahan bermuatan negatif

  • Track : lingkaran-lingkaran konsentris ke arah dalam
  • Sector : bagian-bagian pada lingkaran yang konsentris di mulai dari sector 1

  • Macam-macam Disket
  • Disket 5 ¼ Double side (DS) High Density (HD) dengan kemampuan menyimpan 1,2 MB
  • Disket 3 ½ DSHD, dengan kemampuan meyimpan 1,4 MB dan 2,8 MB (Kelemahan : akses lambat, peka terhadap kotoran, relatif mudah rusak, dll)

  1. Harddisk: Media penyimpan ini dalam keadaan vakum udara terdiri atas beberapa silinder (piringan silindris), head (untuk membaca dan menulis), beratus-ratus track dan sector

  1. .Kelebihan : akses cepat, daya simpan sangat besar (bisa sampai 10 GB), jarang mengalami gangguan/rusak, dll.

  1. Kelemahan : media ini tidak dapat dibawa-bawa / dikantungi, tidak tahan goncangan.
    Catatan :Media penyimpan dapat sebagai Input (berupa program atau sistem operasi yang ada di dalamnya), sebagai Output (untuk menyimpan data atau file yang sudah diolah).

Central Processing Unit (CPU)
CPU terdiri dari processor dan memori utama yang keduanya berada pada "main board" atau "mother board".
  • Processor : Komponen komputer yang memilih dan menjalankan (execute) instruksi
  • Memori : komponen komputer yang menyimpan data dan program.

Wujud fisik processor atau memori berbentuk Chip. Chip merupakan integrasi sirkuit elektronik yang kompleks dan berbentuk persegi panjang berwarna hitam. Chip tersebut dipasang pada "board" (bisa pada "main board" atau pada "driver board").

Cara Kerja Komputer
  • Program yang akan dijalankan dimuat/ disimpan dalam memori.
  • Data yang berasal dari "input devices" dibaca oleh program yang sudah ada dalam memori dan data tersebut disimpan dalam memori.
  • Processor mengolah data dan mengirimkan hasilnya kembali ke dalam memori.
  • Hasil tersebut pada butir tiga merupakan output yang ditampilkan pada monitor.

Bahasa Mesin
Bahasa mesin yang digunakan adalah sistem angka biner yaitu menggunakan simbol angka 0 (kosong) dan 1. Dengan demikian, komputer merupakan mesin biner.
  • Satu angka biner atau disebut "bit" adalah unit dasar penyimpanan pada komputer. Satu (1) "byte" mengandung 8 bit (8 angka kombinasi 0 dan 1) yang mewakili satu huruf, angka atau karakter. Dengan demikian bila disket kemampuan menyimpan sebanyak 1,4 M Byte, berarti disket tersebut mampu menyimpan sebanyak 1.400.000 karakter.
  • Komputer mempunyai kemampuan untuk mengolah 8 bit (1 byte), 16 bit (2 byte), 32 bit (4 byte), dan 64 bit (8 byte). Semakin besar bit yang mampu dibaca oleh memori, semakin cepat kinerja komputer tersebut.
  • Bahasa komputer yang umum digunakan
    adalah ASCII (Amarican Standard for Information Interchange) dan EBCDIC (the Extended Binary Codes Decimal Interchange Code).

Contoh Bahasa Strandar Mesin Komputer
Karakter        EBCDIC        ASCII
A         1100 0001        0100 0001
B         1100 0010        0100 0010
C         1100 0011        0100 0011

Memory
Memori utama komputer terdiri dari :

  • RAM :
    Random Access Memory. Memory ini dapat dibaca dan ditulis. Input data dibaca oleh program yang ada di dalam RAM, kemudian oleh processor diolah dan dikirimkan kembali ke memori (RAM). Isi RAM dapat berubah (fleksibel). Data RAM akan hilang bila komputer dimatikan.
  • ROM : Read Only Memory. Merupakan permanen memory yang hanya dapat dibaca tetapi isinya tidak dapat diubah-ubah. Program yang ada dalam ROM bersifat permanen yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.
RAM
suatu komputer dapat ditingkatkan dengan menambah/memasang kartu memori SIMM (single inline memory module) berupa DRAM (dynamic RAM) atau EDO (extended data output RAM) yang terletak pada main board. Peningkatan RAM ini berdampak pada kecepatan proses input data menjadi lebih cepat.

Pengeritan dan Jenis RAM
  • RAM adalah ruang untuk mengolah data dan ins truksi yang ditulis atau dibaca oleh prosesor dan bersifat sementara.
  • Slot memori pada mather board 30 pin (kaki).
  • Kapasitas memori : 4 MB, 8 MB, 16, MB, 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB dst.
  • Jenis RAM
    • EDO-RAM (Extended Data Out)
    • SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
    • DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous DRAM)
    • RDRAM (Rambus Dynamic RAM)


Pengertian Jenis RAM
  • EDORAM: jenis RAM yang mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data. Bentuk EDORAM adalah SIMM (Single Inline Memory Module). Slot memori 72 pin (kaki).
  • SDRAM: Jenis memori yang dapat mengakses data atau informasi lebih cepat dari EDORAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual Inline Memory Module). Slot memori 168 pin (kaki).
  • DDR SDRAM: Tipe memori generasi penerus SDRAM yang memiliki kemampuan 2 x lebih cepat dari SDRAM. Slot memori 184 pin (kaki).
  • RDRAM: jenis memori berkecepatan tinggi digunakan untuk mendukung prosesor Pentium 4. Slotnya mirip slot SDRAM.

JENIS RAM
  • EDORAM
  • SDRAM
  • DDR SDRAM
  • RDRAM
  • Satuan Memori
    • 1 KB = 1024 Byte
    • 1 MB = 1024 KB
    • 1 GB = 1024 MB
    • 1 MB = 10248576 Byte
    • 1 GB = 1073741824 Byte

Processor

  • Processor atau sering disebut "central processing unit (CPU)" atau "main processor"adalah komponen yang mengolah atau memproses data yang sudah ada dalam memori dibawah kendali program yang sudah tersimpan dalam memori. Ia berupa chip.
  • Processor terdiri empat komponen utama :
    • Clock : berfungsi untuk menyelaraskan kerja komponen peocessor lainnya.
    • Unit pengendali instruksi menunjukkan lokasi instruksi yang harus dieksekusi.
    • Unit logik dan aritmatik menjalankan instruksi tambah, kurang, bagi, dst.
    • Register merupakan media penyimpan sementara berupa data, hasil atau informasi.


Beberapa Jenis Prosesor Pentium

  • Prosesor Pentium I
    • Pentium 75 MHz
    • Pentium 90 MHz
    • Pentium 100 MHz
    • Pentium 120 MHz
    • Pentium 133 MHz
    • Pentium 150 MHz
    • Pentium 166 MHz
    • Pentium 180 MHz
    • Pentium 200 MHz dst
  • Prosesor Pentium II
    • PII 300 MHz
    • PII 333 MHz
    • P II 350 MHz
    • P II 400 MHz
    • P II 450 MHz dst.
  • Prosesor Pentium MMX
    • Pentium 166 MMX
    • Pentium 200 MMX
    • Pentium 233 MMX
    • Pentium 266 MMX
    • Pentium 300 MMX dst.

  • Prosesor PentiumCeleron
    • P 600 Celeron
    • P 663 Celeron
    • P 667 Celeron
    • P 700 Celeron
    • P 733, 766 Celeron dst.
  • Prosesor Pentium III
    • P III 650, 700 MHz
    • P III 733, 800 MHz
    • P III 850, 866 MHz
    • P III 933 MHz
    • Dst.
  • Prosesor pentium IV
    • P 4 1.3 GB Hz
    • P 4 1.4 GB Hz
    • P 4 1.5 GB Hz
    • P 4 1.7 GB Hz
    • Dst.




SYSTEM OPERASI

Karakteristik System Operasi

System Operasi
Keunggulan
Kelemahan
1.DOS/MS-DOS
  • Pengoperasian mudah
  • Tidak memerlukan ruang/disk yang besar
  • Tidak memerlukan memori yang besar
  • Kompatibel pada hampir semua jenis software dan hardware
  • Mode operasi dalam teks
  • Tidak kompatibel pada beberapa program yang beroperasi dalam mode grafis

2.Windows 95/98



  • Mudah dalam pengoperasian
  • Mode operasi dalam bentuk grafis (tampilan menarik)
  • Kompatibel peda hampir semua jenis program aplikasi
  • Membutuhkan memori yang besar (min 8 M RAM)
  • Secara legalitas pemakai harus mempunyai izin dari "vendor"
  • Dibutuhkan kelas processor minimal AT 468
  • Perlu ruang simpan/harddisk besar (>1 GB)
3. Novell
  • Software untuk jaringan
  • Kecepatan komunikasi antar Pcdalam sebuah LAN (local area network)
  • Kemudahan manajemen jaringannya
  • Lebih cepat dikenal karena berbasis DOS
  • Perangkat besar (space disk, memori) hanya pada "server"
  • Pengoperasian tidak memakai mode grafis (berbasis DOS)
4.Windows NT
  • Software sistem operasi jaringan
  • Memakai mode grafis (tampilan menarik)
  • Kemudahan komunikasi antar PC dalam sebuah LAN
  • Kemudahan manajemen jaringan
  • Lisensi untuk pengoperasiannya mahal
  • Diperlukan hardware berprocessor tinggi (Pentium), memori besar berakibat mahalnya hardware.
  • Implementasi jaringan memerlukan biaya mahal
5.Unix/Linux
  • Merupakan sistem operasi jaringan
  • Bekerja pada dua mode (grafis dan teks)
  • Pengoperasian tidak memerlukan lisensi
  • Perintah-perintah pengoperasian relatif panjang
6. OS2
  • Merupakan sistem pengoperasian yang dipakai oleh PC Macintosh dan tidak kompatibel dengan IBM PC. Namun demikian, pada sistem operasi ini dapat dilakukan penggandaan memori maupun space disk. Hal ini mengakibatkan kinerja dari hardware dan software menjadi lebih baik


Peran komputer dalam kehidupan manusia

Kajian mengenai peran Komputer dalam masyarakat dalam kontribusinya memberikan dukungan kepada berbagai sektor kehidupan masyarakat sudah begitu banyak disajikan bahkan sudah menjadi obrolan dimeja makan.

Peran Komputer yang disajikan ataupun yang difokuskan adalah pada persoalan teknis dan manfaat teknotogi tersebut belum menyentuh aspek yang lain, padahal ketika suatu system dibangun maka akan berdampak ke semua lini dari masyarakat dan alam semesta. Sedangkan Teknologi komputer diciptakan sebagai pemenuh dari kebutuhan manusia secara komersial dan kebutuhan kepuasan.

Perkembangan Komputer dalam satu abad ini begitu cepat, dan tak terkendali bahkan melebihi dari perkembangan manusia yang menciptakan teknologi tersebut. Contoh perkembangan untuk sebuah hardware dan software itu hanya membutuhkan kurang dari satu tahun, sedangkan perkembangan manusia dan anak-anak ke remaja membutuhkan minimal 10 tahun begitu juga dari remaja ke dewasa atau kemampuan anak dari baru mampu berdiri sampai berlari itu membutuhkan waktu yang lama.
Apabila kita sadar ketika suatu perkembangan baru muncul maka kita akan secara langsung maupun tidak langsung akan mendapatkan dampak yang hebat. Baik itu bermanfaat atau malah merugikan. Pada pertengahan tahun 80 perusahaan Hand Phone mulai memasarkan telepon genggam dengan menggunakan nada sambung dan nada peringatan dengan multy nada atau yang sering disebut polyphonic dengan extention "MID", dan untuk mendapat jenis nada yang dinginkan masih sangat sulit karena masih kesulitan untuk mengkonversi extension nada yang lain (MP1, Mp2, Mp3, dll). Uraian diatas hanya contoh kecil yang ada, kalau kita lihat perkembangan secara lebih luas bagaimana ketika lahirnya teknologi Komputer yang dikonvegerasikan dengan Internet.

Internet adalah sebuah teknologi hasil perkawinan perkembangan teknotogi komputer dengan teknologi informasi dimana kedua teknologi tersebut pada intinya sudah ada, tetapi terkadang awam menanggapi teknotogi komputer yang terkini adalah internet, hal ini tidak salah tetapi tidak tertalu benar karena teknologi komputer adalah teknologi digital. Perkembangan teknologi digitalpun bukan hanya komputer tetapi sudah banyak teknologi yang diciptakan secara digital. Dengan lahirnya internet terjadi perubahan disemua sektor begitu cepat sehingga untuk memberikan ataupun meminimalisasiakankecolongan

Ada beberapa hal-hal yang kehidupan masyarakat yang berubah dari lahirnya internet;
1.DuniaUsaha
Ketika belum lahirnya internet, mungkin Budi Sudarsono sebagai pemilik Detik.com tidak pernah berpikiran bahwa dia akan menjadi salah satu dari 100 orang terkaya di Indoneisa. Dan masih banyak lagi pengusaha-pengusaha baru yang lahir dan jenis perdaganganbaruyangmuncul.

2.Semuabisamenjadisumberinformasi
Pada saat ini, setiap orang dapat dengan mudah untuk menjadi sumber ataupun mencari sumber informasi, karena tak terbatasnya jaringan komputer yang terkoneksi dengan komputerlain.

3.Kejahatanbaru
Para ahli hukum harus bekerja lebih keras dalam mendeskripsikan suatu kesalahan seseorang karena kejahatan yang dilakukan melalui internet belum dapat didefinisikan, contoh seorang Cracker (Hacker dalam pengertian negatif..red) mengambil data orang lain. Apakah dia dapat dikategorikan penjahat/maling? Padahal kalau maling harus ada saksi dan bukti. Dan masih banyak contoh lain yang sering kita temui


PENUTUP
  1. SARAN

Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Banyaknya sektor kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia. Namun semua inovasi tersebut hendaknya harus dibatasi oleh aturan hukum negara dan budaya bangsa Indonesia.

  1. PENUTUP

Semoga makalah ini dapat menggerakkan manusia Indonesia untuk lebih berkarya dan berinovasi sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia sehingga mampu meningkatkan image bangsa di mata bangsa di dunia.


DAFTAR PUSTAKA



www.geocities.com/neo_vyper 
http://ancok.staff.ugm.ac.id/   ^:^ :
http://firdauzpark.wordpress.com/2008/03/27/4/trackback/
Cakra, Sinar Mandiri, Halaman 21, Ade Yustina,S.Pd
Pikiran Rakyat, "Tingkatkan Produktivitas SDM Melalui Peranan
TIK", 12 Mei 2005 
http://www.w3.org/TR/REC-html40
http://sunsite.ui.ac.id/student/ristek/sig/infosys/artikel/artikel3/protokol1.htm


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar